Selasa, Oct 26, 2021

KULTUM MAGHRIB BERBAHASA ARAB DI MASJID KAMPUS BAITUL HAKIM UIN SATU TULUNGAGUNG

Tulungagung. Setelah lama ditutup pada masa wabah Pandemi Covid-19, akahirnya masjid  kampus Baitul Hakim UIN Satu Tulungagung secara resmi dibuka untuk umum dengan menyelenggarakan pelaksanaan khutbah dan sholat Jum’at berjamaah pada tanggal 01 Oktober 2021 yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, tokoh masyarakat dan warga desa plosokandang di sekitar kampus UIN Satu Tulungagung. Kaum muslimin berbondong-bondong mengahdiri sholat Jum’at secara khusyuk di masjid kampus yang sangat asri dan megah tersebut. Hadir selaku khotib Jum’at yaitu Prof. Dr. KH. Achmad Patoni, M. Ag.dan selaku Imam Sholat Jum’at yaitu Ustad Mustofa, SS., M.Pd.

Ketua Takmir Masji (Dr. Kutbuddin Aibak, M.H.I.) menegaskan bahwa sholat Jum’at perdana yang waktuya bersamaan dengan pelatikan Rektor UIN Satu Tulungagung (Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag) telah dihadiri oleh jama’ah yang membludak. “Saya sholat di shof paling depan, ketika saya selesai sholat Jum’at, kemudian menoleh ke belakang saya terkejut karena jama’ah nyaris memenuhi masjid”, kata ketua takmir yang menjabat sebagai Wakil Dekan I tersebut.

Selanjutnya takmir merancang program-program inovatif guna melayani jama’ah masjid Baitul Hakim. Di antaranya adalah program dakwah dengan agenda yang spektakuler yaitu Kultum Maghrib berbahasa Arab yang rencananya secara rutin akan diasuh oleh Kajur Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (Dr. Ahmad Nurcholis, M.Pd) pada setiap bakda Maghrib di hari Senin, Selasa dan Rabu. Kajur MD yang lebih akab disapa dengan panggilan Dr. Ois menyampaikan terima kasih kepada pihak takmir yang telah menghubunginya via WA untuk mengemban tugas mulia tersebut.

“Walaupun Kultumnya berbahasa Arab, tapi harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia secara global,  ya Gus.  Sebab yang hadir juga dari kalangan masyarakat di sekitar kampus. Nah, kalo bisa ditambah bahasa jawa untuk guyonannya supaya jama’ah bisa menerima joke-joke segar dari kultum yang disampaikan”, pinta ketua Takmir pada Dr. Ois. Tujuan utama dari kultum maghrib berbahasa Arab adalah melayani mahasiswa, khususnya yang tinggal di Makhad Al-Jami’ah agar tetap konsisten dalam mengembangkan kompetensinya dalam berbahas Arab-Inggris, khususnya pada maharah istima’ dan maharah kalam di lingkungan Makhad Al-Jami’ah.  Di samping itu, sebagai wujud komitmen UIN Satu Tulungagung yang telah bertransformasi menjadi  kampus Dakwah dan Peradaban di mana visi global yang harus diwujudkannya adalah bilingual campus.

Kultum perdana berbahasa Arab akan disampaikan oleh Dr. Ois pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 bakda maghrib dengan tema أنواع الأسر في آخر الزمان   yang artinya Tipe Keluarga di Akhir Jaman. Ada 5 Tipe keluarga di akhir zaman sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Qur’an Surat At-Tahrim Ayat 10-12, di antaranya : (1) Tipe Keluarga Nabi Nuh. (2) Tipe Keluarga Nabi Luth. (3) Tipe Keluarga Asiyah. (4) Tipe Keluarga Nabi Ayyub. (5) Tipe Keluarga Nabi Ibrahim a.s. Bagaimanakah penjelasan secara rincinya. Tentunya hanya bisa disimak pada agenda Kultum Maghrib berbahasa Arab. Saksikanlah, hanya di masjid Baitul Hakim UIN Satu Tulungagung.

Dosen-dosen profesional dan berbakat lainnya juga bereksistensi dalam menyemarakkan program-program Taklim dan Dakwah Masjid  Kampus Baitul Hakim, di antaranya: KH. Dr. Teguh Ridwan, KH. Dr. Nur Efendi, M.Ag, Gus Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I., Ustd. Abduloh Safik, M.Fil.I., Ustd. Dr. Moh. Arif, M.Pd., Ustd. Dr. Nurul Hidayat, M.Ag (ois-aibak)