Minggu, May 09, 2021

IAIN Tulungagung dan IAIN Kudus Menggelar Konsorsium Nasional Bahasa Arab

Kudus, 07 April 2021, Konsorsium Nasional  Bahasa Arab bertemakan Isu Permasalahan Pembalajaran Bahasa Arab di Tingkat Perguruan Tinggi pada era Pandemi Covid-19 digelar pada hari Selasa tanggal 07 April 2021 sebagai tindak lanjut MoU antara IAIN Tulungagung Jawa Timur dan IAIN Kudus Jawa Tengah. Acara tersebut dihadiri oleh 231 peserta via Zoom. Peserta Konsorsium dari kalangan dosen bahasa Arab dan Mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Konsorsium dimulai pada pukul 09.00 WIB hinggga 11.00 WIB menggunakan media Zoom.

Ketua Jurusan PBA IAIN Kudus (Bpk. Amin Nasir, SS., M.S.I) sebagai inisiator Konsorsium Nasional Mengatakan bahwa acara ini digelar untuk melayani permintaan dosen-dosen bahasa Arab di Indonesia yang menghadapi permasalahan baru dalam pengajaran bahasa Arab pasca pandemic covid-19. Oleh karena itu, pihak IAIN Kudus meminta Dr. Ois yang menjabat sebagai Kajur Manajeman Dakwah IAIN Tulungagung untuk menjadi Narasumber pertama dalam Konsorsium Nasional tersebut. Menurut Dr. Ois terdapat tiga masalah utama yaitu : Pertama, lemahnya pemahaman mahasiswa terhadap perkuliahan daring, soslusinya adalah dengan meresume dan menganalisis ulang materi pembelajaran dengan teman sebaya. Kedua, Strategi Pembelajaran daring yang  monoton dan membosankan. 

Solusinya adalah dengan upload video pembelajaran yang menarik dipadu dengan strategi quantum teaching. Ketiga, Media Pembelajaran yang terkendala quota internet dan gangguan jaringan. Solusinya pihak kampus memberikan sumbangan bantuan quato internet pada masing-masing mahasiswa. Perlu dicatat bahwa walaupun Dr, Ois adalah Kajur Manajemen Dakwah, namun jenjang S3 di tempuh pada Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab di UIN Maliki Malang yang mana lulus tahun 2016, di samping itu pernah mengikuti short course ARFI tahun 2015 di Al-Azhar Cairo Mesir

Narasumber Kedua dalam konsorsium Nasional bahasa Arab tersebut adalah Dr. Muhammad Ivan Alfian, M.Pd. Beliau adalah dosen tetap PNS pada Jurusan PBA IAIN Kudus yang telah banyak memperoleh prestasi dan sangat digemari mahasiswa sebab inovasi pembelajaran yang disampaikan pada mereka. Dr. Ivan menyampaikan tema tentang stratregi Pembelajaran bahasa Arab di tingkat perguruan tinggi. Beliau menyampaikan bahwa Strategi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kemahiran berbahasa dibagi menjadi enam, yaitu strategi pembelajaran mufradat, strategi pembelajaran tarkib, strategi pembelajarn istima', strategi pembelajaran kalam, strategi pembelajaran qira'ah, dan startegi pembelajaran kitabah. Pendekatan pembelajaran yang digunakan di era pandemic covid-19 hendaknya menggunakan pendekatan  akselerasi, namun tetap memperhatikan perbedaan kompetensi mahasiswa yang ada.

Hadir dalam acara tersebut Dr. Nuryani, M,Pd,I  yang menjabat sebagai Sekretaris jurusan PBA IAIN Tulungagung yang juga telah memberilkan masukan bahwa dalam mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa di tingkat PT pada pasca pandemi covid-19, maka perlu (urgent) untuk mengembangkan strategi pembelajaran bahasa arab yang kreatif serta menyenangkan, khususnya bagi para tenaga pendidik bahasa arab, pemerhati bahasa Arab, serta pihak-pihak yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa arab. Hadir dalam konsorsium tersebut, Ustadz Muhammad Khoirul Malik, Lc. M.A (Kajur BSA IAIN Tulungang) yang ikut memberikan ide dan gagasan melalui tulisan yang dikirim  via Live chat Zoom dalam acara tersebut. Ustadz Malik berpesan bahwa para tenaga pengajar berhak dan dituntut berkeresi dan berinovasi sesuai situasi dan kondisi di lapangan. Semoga buku yang sangat sederhana ini menambah pengetahuan yang baru, serta mampu mendongkrak serta membangkitkan keratifitas dan inovasi. Khususnya bagi para calon pendidik bahasa arab dan para tenaga pendidik bahasa arab, untuk kemajuan pembelajaran Bahasa Arab.