Sabtu, Jul 04, 2020

PADAMU NEGERI KAMI MENGABDI: Jurusan SPI IAIN Tulungagung Road to Pesantren

Selasa/12 November 2019, Mengakhiri tahun ajaran 2019/2020 jurusan SPI IAIN Tulungagung memiliki kegiatan unggulan baru bertajuk “PADAMU NEGERI KAMI MENGABDI”. Kegiatan ini nantinya akan menjadi tradisi tahunan yang dilakukan jurusan, sebagai wujud dari pengabdian kepada masyarakat. Narasumber kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen pengajar dan mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Tulungagung.

Moch. Faizun, S.S., M.Pd.I.  selaku Kajur jurusan SPI mengatakan, bahwa ada beberapa manfaat yang dibidik dengan suksesnya penyelenggaraan kegiatan “Klinik Historigrafi Pesantren”. Pertama, kegiatan ini merupakan aktualisasi dari jurusan SPI untuk mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan amanah Tri Darma Perguruan Tinggi. Kedua, merupakan wahana eksistensi dan ekspresi mahasiswa, karena kegiatan merupakan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa. Ketiga, susksesnya mahasiswa menjadi seorang narasumber menunjukkan berhasilnya pembelajaran matakuliah historiografi di kelas.

Awal pelaksanaan kegiatan bertempat di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk sebagai raw model pondok modern yang masih tetap melestarikan juga tradisi pesantren klasik. Kegiatan dibuka oleh pengasuh pondok pesantren yaitu Ust. Afif Salim Fuadi, S. Pd. Selanjutnya materi pelatihan, yang di awali oleh Moch. Faizun terkait pentingnya menulis sejarah pesantren dan di akhiri oleh Hendra Afiyanto terkait teknik penulisan historiografi pesantren. Di akhir acara dilakukan foto bersama dan penandatanganan kesepakatan menjadi pesantren binaan dari jurusan SPI IAIN Tulungagung.-(kndr11)-