Sabtu, Mar 06, 2021

Entrepreneurship Field Study Mahasiswa IPII Semester 3-A

Guna memupuk semangat jiwa kewirausahaan mahasiswa, sejumlah mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) semester 3-A, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Tulungagung, Kamis (29/11) melakukan Entrepreneurship Field Study dengan mengunjungi pabrik kopi inspirasi Tulungagung, PT. Cahaya Pasifik Raya. Kegiatan yang merupakan rangkaian dari perkuliahan akhir kelas Entrepreneurship dengan Dosen pengampu Mohammad Solihin, diharapkan dapat memberikan wawasan secara langsung kepada mahasiswa mengenai potensi lokal untuk berwirausaha. “Selama satu semester mereka sudah mendapatkan materi tentang kewirausahaan, dan saatnya mereka harus terjun langsung melihat bagaimana potensi lokal dapat diangkat menjadi potensi bisnis,” terang Mohammad Solihin, yang memimpin kunjungan.

Dalam kunjungan ini, rombongan langsung disambut hangat oleh pemilik pabrik kopi inspirasi Tulungagung, Feliyana Saridewi. Dalam sesi ngobrol dengan mahasiswa, Feliyana menjelaskan bahwa berdirinya kopi inspirasi ini berawal dari kota Tulungagung yang terkenal sebagai kota seribu kopinya dan tradisi kopi cethe-nya. Selain itu, selama ini masyarakat masih banyak yang menggoreng kopi secara manual belum memanfaatkan teknologi dalam penggorengan kopinya. “Darisitulah kami melihat peluang bisnisnya dengan mendirikan pabrik kopi inspirasi dengan nama kopi dokar yang berawal dari UKM atau Usaha Kecil Menengah bukan langsung dari perusahaan besar,” jelasnya.

Setelah panjang lebar ngobrol tentang kewirausahaan dan strategi bisnisnya, mahasiswa diajak untuk melihat langsung pemanfaatan teknologi dalam proses produksi kopi yang sudah mendapatkan sertifikat ISO ini. “Alhamdulillah, menginspirasi sekalidan kami menjadi lebih mengenal secara langsung mengenai kewirausahaan yang nantinya kami aplikasikan secara nyata dalam tugas akhir kelas entrepreneurship ini,” kata Cici, mahasiswa IPII.

(cak sol)