Sabtu, Mar 06, 2021

FUAD IAIN Tulungagung Jalin Kerjasama dengan LPKA Klas 1 Blitar

Blitar - Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Tulungagung menjalin kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakaran Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Blitar. Sebagai lembaga yang sama-sama berkosentrasi dalam bidang pendidikan, kedua belah pihak bersepakat untuk menjadi mitra kerja yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pada saat Upacara Peringatan Hari Anak Nasional pada Senin, 24 Juli 2017 di LPKA Klas 1 Blitar.
Dalam waktu dekat, bentuk kerja sama yang akan direalisasikan sebagaimana tercantum dalam nota kesepahaman tersebut adalah pelaksanaan Praktik Profesi Mahasiswa (PPM) dalam bentuk kegiatan assesmen psikologi, implementasi teknik-teknik psikoterapi, pemberian psikoedukasi, pemberian bimbingangan dan konseling, dan penelitian pada anak didik di LPKA Kelas 1 Blitar. 
Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Blitar, Kristianti Wiwoho, Bc.I.P., S.H. menjelaskan dalam sambutannya sebagai pemimpin upacara bahwa tema peringatan Hari Anak Nasional kali ini adalah perlindungan anak sejak dari keluarga. Sebagaimana beberapa laporan yang disebutkan, terdapat beberapa kasus kekerasan baik fisik maupun psikis yang justru dimulai dari ruang lingkup keluarga, dimana peristiwa demikian akan juga mempengaruhi tumbuh kembang anak. Beberapa kasus kejahatan yang menempatakan anak sebagai pelaku maupun korban, sebagian berasal dari kondisi keluarga yang tidak sehat, seperti perceraian, kemiskinan, dan tidak adanya hubungan harmonis antar keluarga.
Dekan Fakultas Ushulluddin Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung, Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag. mengungkapkan harapannya bahwa dengan kerja sama antar lembaga ini semoga memberi manfaat untuk kedua belah pihak. Terkhusus bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPM di lokasi tersebut diharapkan mampu memberikan bantuan-bantuan sekaligus mempraktikkan apa yang sudah dipelajari pada masa perkuliahan. Demikian juga manfaat tersebut dapat dirasakan oleh anak-anak didik LPKA Blitar untuk menemukan psikiatris, konselor, guru, sekaligus teman sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pendidikannya ke arah yang lebih baik.
LPKA Klas 1 Blitar merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik dimana di dalamnya ada kegiatan untuk melakukan pembinaan warga binaan pemasyarakatan berdasarkan sistem, kelembagaan, dan cara pembinaan yang beradarkan Pancasila yang dilaksanakan secara terpadu antara pembina, yang dibina, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas warga binaan masyarakat agara menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat kembali ke masyarakat dan berperan dalam pembangunan serta hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab. [*]