Sabtu, Mar 06, 2021

FUAD Me-Launching Forum Diskusi Ilmiah Dosen “Tuesday Forum”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Tulungagung. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Tulungagung kembali menyelenggarakan forum diskusi ilmiah dosen untuk periode tahun 2017. Kegiatan rutin ini diberi tajuk Tuesday Forum. Sesuai namanya, forum diskusi ini akan dilaksanakan setiap pekan pada hari Selasa mulai pukul 10:30 WIB, bertempat di Ruang Sidang kantor FUAD.
Pada pertemuan perdana, Selasa (4/4), tema yang didiskusikan adalah “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar” dengan pemateri David Ari Setyawan, M.Pd., dosen mata kuliah Profesi Konselor. Tema ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh pemateri di Sekolah menengah Pertama (SMP) Empu Tantular Kota Semarang pada tahun 2015.
Penelitian ini didasari oleh fakta masih adanya permasalahan kedisiplinan belajar pada siswa SMP. Disiplin belajar merupakan sikap yang harus dilakukan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar secara tertib dan teratur baik di rumah maupun di sekolah. Pemberian bimbingan dan konseling dengan metode Self Management (Strategi Pengelolaan Diri) terbukti bisa membantu klien menemukan tingkah laku yang baru dalam hidupnya sehari-hari. Metode ini bisa menjadi alternatif pengembangan model bimbingan kelompok, dimana metode ini memfasilitasi klien untuk mengubah dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Teknik self management terdiri dari 7 komponen yaitu rasional, visi dan misi, tujuan, isi bimbingan kelompok, dukungan sistem bimbingan kelompok, tahapan pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut.

Tuesday Forum yang dikelola oleh tim Gugus Jaminan Mutu (GJM) FUAD ini bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat dan atmosfer akademik di FUAD. Selain itu, dengan merutinkan diskusi, forum ini diharapkan akan menjadi forum intelektual guna meningkatkan kapasitas para dosen.[*]