Kamis, Feb 25, 2021

298 Mahasiswa Baru FUAD Menerima Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan

Tulungagung. Menyambut mahasiswa baru Semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Tulungagung menyelenggarakan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 20 Agustus 2016 di Gedung PKM Lantai 3. OPAK adalah kegiatan bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan proses pendidikan di lingkungan FUAD. OPAK Fakultas yang diikuti oleh 298 mahasiswa baru ini merupakan lanjutan dari OPAK Institut yang telah diselenggarakan selama 2 hari sebelumnya. Dalam pelaksanaan di lapangan, kegiatan pengenalan kampus ini ditangani oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F).

Pada hari pertama, agenda kegiatan diisi dengan pertemuan dan perkenalan mahasiswa baru dengan Dekan beserta jajaran pejabat fungsional dan struktural di lingkungan FUAD. Dekan FUAD, Dr. Abad Badruzaman Lc., M.Ag., mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung bagi mahasiswa baru di FUAD. Dekan menjabarkan visi dan misi FUAD, menjelaskan program studi yang ada di FUAD, perkembangan kelembagaan, serta nilai yang dikembangkan dalam fakultas, yakni nilai profetis, humanis, dan analitis.

Setelah acara perkenalan, sesi berikutnya diisi dengan pengenalan kegiatan akademik, pengenalan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), pengenalan jurusan, penyampaian materi tentang ke-FUAD-an, dan isu-isu kontemporer ke-Islam-an. Pada tiap akhir sesi, peserta OPAK melakukan diskusi dalam kelompok-kelompok yang telah terbagi, lalu diakhiri dengan presentasi.

Dituturkan oleh salah seorang Panitia, Seli Muna, bahwa salah satu tujuan dari penyelenggaraan OPAK bagi mahasiswa baru adalah untuk memperkenalkan sistematika perkuliahan di FUAD. Selain itu, OPAK merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang disiplin ilmu serta karakter keilmuan yang diajarkan di FUAD.[*]

*Fotografi oleh Yoga (Mahasiswa Semester 3 Jurusan KPI)