Kamis, Feb 25, 2021

Asesmen Lapangan Prodi Filsafat Agama oleh Tim Asesor BAN-PT

Tulungagung. Dalam rangka akreditasi Program Studi Filsafat Agama, Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyelenggarakan asesmen lapangan di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung. Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap dari proses akreditasi program studi untuk melakukan verifikasi, validasi, dan melengkapi data dan informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang  bersangkutan.

Asesmen lapangan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 Nopember 2015. Tim asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT adalah Prof. Dr. H. Risan Rusli, M.A. (UIN Raden Fatah Palembang) dan Dr. H. Zuhri (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Visitasi ini mengundang perwakilan dari mahasiswa, alumni, dan  stakeholder.

Kehadiran Tim Asesor BAN-PT disambut oleh Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., beserta jajaran Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK (Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I.), Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Tulungagung (Dr. H. As'aril Muhajir, M.Ag), Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Drs. H. Mashudi, M.Pd.I.), Dekan FUAD (Dr. H. Abad Badruzaman, Lc, M.Ag) dan jajaran Wakil Dekan, serta Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung.

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., dalam sambutannya menjelaskan bahwa visi yang ingin dicapai oleh Prodi Filsafat Agama adalah menjadi pusat kajian Islam Jawa pada 2019. Penetapan "Islam Jawa" merupakan scouping dari Islam Nusantara. Dengan telah dibukanya program studi Filsafat Agama di tingkat magister baru-baru ini, maka IAIN Tulungagung akan semakin memantapkan kapabilitasnya dalam mencapai visi tersebut melaui misi-misi yang akan diterapkan secara gradual.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Risan Rusli, M.A. menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan dan kerjasama dari pihak IAIN Tulungagung, sehingga tim asesor bisa menggali data dan informasi yang diperlukan sesuai yang tertuang dalam borang.

Pada sesi verifikasi,  Dr. H. Zuhri memberikan masukan tentang pentingnya peran stakeholder dalam eksistensi suatu prodi. Kerjasama yang sinambung antara prodi dan stakeholder akan memberikan imbal balik bagi prodi untuk kemajuan program-programnya. Kerjasama tersebut juga memberikan peluang keterserapan alumni pada stakeholder.

Setelah semua tahap dijalani, agenda asesmen lapangan ditutup dengan penyampaian laporan akhir asesmen lapangan Tim Asesor yang dibacakan dihadapan pimpinan program studi dan pihak terkait lainnya serta pembuatan berita acara yang ditanda tangani kedua belah pihak.[*]