Rabu, Apr 26, 2017

Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Dr. Nur Kholis, M.Pd.

Dr. Nur Kholis, M.Pd., lahir di Gresik, 16 Maret 1971. bertempat tinggal di Desa Purwokerto, RT 02/III, Kecamatan Srengat Kabupaten  Blitar, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ; This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ., HP/WA: 085259686987. Riwayat pendidikannya di mulai di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda, Pengangson, Sumber waru, Wringin Anom, Gresik; Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raden Paku Wringin anom; Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Mojokerto lulus tahun 1990; kemudian melanjutkan ke S-1 Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Sunan Ampel di Tulungagung, lulus tahun 1994; melanjutkan S-2 pendidikan luar sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lulus tahun 2005; dan pendidikan terakhirnya di S-3 Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lulus tahun 2013.

Sejak tahun 1998 ia bekerja di IAIN Tulungagung yang pada waktu itu namanya Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung, status Dosen tetap (PNS) dua tahun kemudian, dan samapi saat ini jabatan fungsionalnya adalah Lektor kepala. Ditengah kesibukannya mengajar di IAIN Tulungagung, sejak tahun 1999 ia bersama teman-temannya mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Centre for Studying and Milieu Development (CESMID) Indonesia, fokus kegiatannya di bidang penelitian, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatannya yang sudah dilakukan diantaranya adalah bekerjasama dengan Pemda Tulungagung, Propinsi untuk program pemberdayaan anak jalanan, pekerja anak, penelitian untuk pekerja anak kerjasama dengan UNICEF, pencegahan HIV/AIDS bekerjasama dengan Family Health International (FHI) dan Global Fund melalui PKBI Jawa Timur.

Sejak tahun 2011 ia juga berkolaborasi dengan berbagai pihak fokus mengembangkan dan memberdayakan masyarakat untuk bidang ekonomi dengan mendirikan Koperasi syariah podo joyo berpusat di Srengat, Blitar, saat ini (tahun 2016) koperasi syariah tersebut telah mempunyai kantor kas di Kecamatan Gandusari, Blitar. Merasa kiprahnya kurang, maka dimulai awal januari tahun 2016 ia mendirikan Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Kabupaten Blitar, lembaga ini merupakan lembaga nirlaba yang fokus kegiatannya pemberdayaan dan pelatihan kewirausahaan bagi pada pemula dan berfungsi untuk memfasilitasi pembiayaan koperasi syariah skunder di wilayah Kabupaten/Kota Blitar.

Kegiatan akademik lainnya yang dilakukan adalah menulis artikel di media harian Radar Kedir, Radar Tulungagung, jurnal ilmiah al-Tahrir, Sosiologi; melakukan penelitian yang bekerjasama dengan KPU Trenggalek, KPU Kota Blitar, Pemda Tulungagung, dan IAIN Tulungagung (DIPA), dan beberapa buku ajar dan umum ditulisnya.