Rabu, Jan 18, 2017

Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam

Lilik Rofiqoh, S.Hum., M.A. mulai bergabung dengan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Tulungagung (yang sebelumnya bernama Jurusan Ushuluddin) sejak Januari 2011. Lima tahun berikutnya, ia dipercaya untuk menjadi Ketua Jurusan yang baru saja dibuka pada fakultas ini yaitu Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, setelah sebelumnya turut mengelola Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi dan Jurusan Filsafat Agama pada fakultas yang sama.

Tenaga pendidik yang terlahir di Malang pada 21 Juli 1981 ini menempuh jenjang strata satunya di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di UIN Malang dan menjadi lulusan terbaik di angkatannya. Di kampus ini, ia mendapat pengalaman mengajar mahasiswa baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri dari tahun 2005 hingga 2010. Dalam rentang lima tahun itu, ia mendapatkan dua beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2006 dan 2007.

Pada pertengahan tahun 2006, ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti upgrading program bagi alumni Perguruan Tinggi Islam baik negeri maupun swasta. Namun ia hanya mengikuti separuh program yang lebih dikenal dengan program pembibitan ini karena ia masuk dalam shortlisted peserta The Indonesia Young Leaders Programmes. Sebuah program beasiswa pendidikan magister dalam bidang studi Islam ini merupakan kerjasama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan Universiteit Leiden. Pada program yang diselesaikannya pada tahun 2008 ini, ia menulis tentang “The Majelis Ulama as the Religious Authority in Indonesia”. Tesis itu kemudian dipublikasikan dalam bentuk artikel pada jurnal ilmiah De Jure Volume 2, Nomor I, Juni 2010 di UIN Malang dengan judul “The MUI’s Fatwa on Ahmadiyah and the Dispute Surrounding it” dan jurnal al-ahkam Al-Ahkam, tahun 2011di IAIN Surakarta dengan judul “The Shifting Role of the Majelis Ulama Indonesia (MUI) as the National Religious Authority in Indonesia”.

Selain itu ia juga pernah menerbitkan sebuah artikel yang diedit dari tugas kuliah semasa studi di Leiden. Artikel berjudul “The Risala fi tadbir Safar al-Hajj – A Medical Regime for the Pilgrims to Mecca” diterbitkan oleh jurnal Al-Qalam, Volume 2 tahun 2011 di IAIN Banten. Ia juga beberapa kali mendapatkan nominasi penelitian di kampus IAIN Tulungagung dengan judul (1) “Muslim Clothing around Campus: Regulation, Religious Identity and Morality” pada tahun 2012, (2) “Peran Kyai Yasin Asmuni dalam Pengembangan Tradisi Intelektual Pesantren (Studi Biografi, karya Tulis dan Persebaran Ide)” pada tahun 2013 dan (3) “Pengaruh Persepsi Mengenai Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesadaran Beragama Dan Kesehatan Mental Pada Remaja Akhir Di Kabupaten Tulungagung” pada tahun 2014. 

Jika ingin bersilaturrahmi lebih dekat dengannya, Anda dapat berkirim surat elektronik ke alamat e-mailnya: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.