Minggu, Dec 08, 2019

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Muhammad Khoirul Malik, Lc., M.A.

adalah Ketua Jurusan BSA (Bahasa Sastra Arab) di FUAD (Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah) IAIN Tulungagung, pengajar/ dosen, peneliti, dan akademisi. Pria kelahiran Jepara, tanggal 24 Januari 1985 ini memulai pendidikan formalnya pada jenjang dasar di SDN 01 Pelemkerep Mayong Jepara lulus pada tahun 1997/1998, kemudian melanjutkan pendidikan di SLTPN 01 Pecangaan, Jepara (lulus tahun 1999/2000). Sedangkan jenjang pendidikan menengah atas diselesaikannya di PM (Pondok Modern) Darussalam, Gontor, Ponorogo (lulus tahun 2004).

Pendidikan S1 (Strata satu) ditempuh selama 4 (empat) tahun (2005-2009) di Universitas al-Azhar Kairo, Fakultas Ushuluddin, Jurusan Akidah-Filfasat Islam dengan mendapatkan beasiswa setiap tahunnya dari Baet al-Zakat al-Kuwaiti- Kuwait. Pendidikan S2 (Strata Dua) ditempuh secara formal dengan beasiswa dari DIKTI di UGM (Universitas Gadjah Mada), Yogyakarta. Program Studi yang diambil adalah Ilmu Agama dan Lintas Budaya, Minat Kajian Timur Tengah, Konsentrasi Budaya (Timur Tengah). Jenjang akademik ini ditempuhnya selama dua tahun dan lulus pada tahun 2012 dengan IPK 3.87. Di akhir tahun 2016 sampai sekarang, penulis diberikan amanat untuk menjadi Direktur PSTT (Pusat Studi Timur Tengah) di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah - IAIN Tulungagung. Sebelum aktif sebagai pendidik dan pengajar (Dosen PNS) di IAIN Tulungagung.

Keterangan lainnya:

Kantor / Unit Kerja

:FUAD (Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah)di kampus  IAIN Tulungagung

Alamat Kantor

: Jalan Mayor Sujadi Timur No 46 Tulungagung, Jawa Timur

Telepon

: 0355- 321513

E-mail

: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

ID Google Scholar

ID Sinta

: Muhammad Khoirul Malik

: Muhammad Khoirul Malik

 

 

 

 

 

 

 

Prestasi Akademik:

  • Peserta Juara I dalam Workshop Pelatihan Penulisan/Jurnalistik dan Komputer se-angkatan 3 Intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo (2002).
  • Peserta Juara I dalam Workshop Pelatihan Penerjemahan Arab-Indonesia/ Indonesia-Arab yang diadakan oleh (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) ICMI Cab. Kairo, di Mesir (2008).
  • Mendapatkan beasiswa dari Baetzakat el-Kwaiti, Kuwait selama belajar di Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir (2006-2009).
  • Memperoleh predikat Jayyid setiap tahunnya pada jenjang pendidikan S1, di Universitas al-Azhar, Kairo–Mesir (2005-2009).
  • Memperoleh predikat Cumlaude pada jenjang pendidikan S2 di UGM (2012)

Artikel Jurnal

  • "Ekonomi Suriah Pra-Revolusi Politik: Sistem Sosialis di Bawah Rezim Duo-Assad" (2016). MALIA (Jurnal Ekonomi Syariah) Universitas Yudharta Pasuruan. unduh
  • "Peran Media dalam Pembentukan Opini Publik Mengenai Isu Timur Tengah" (2017). ICMES (The Journal of Middle East Studies). unduh
  • "Potret Kekhalifahan Islam (Dinamika Kepemimpinan Islam Pasca al-Khulafâ al-Râsyidûn hingga Turki Utsmani)" (2017). TSAQAFAH (Jurnal Peradaban Islam). unduh

Karya Lain:

  • "Yerusalem; Perebutan Abadi di atas Tanah Suci" (2017).  Opini di web Great Sunni. lihat
  • "Ramadan; Momentum Kebangkitan Ruhaniah Individu dan Sosial" (2019). Koran Lingkar Jateng.

Penelitian:

  • Implementasi Teori Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Universitas Negeri Malang Dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung  (Menelusuri Penggunaan Teori-Teori Belajar dari Barat) - 2015.
  • Manajemen Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab Berwawasana Transformatif dalam Meningkatkan Mutu Pendidkan Madrasah (Studi Multikasus pada MA Miftahul Ulum Dampit Malang & MAN Tulungagung Satu) - 2017
  • Makna Gandul dalam Naskah Kitab Bahjatul Ulum (Kajian Filologi) - 2019.