Sabtu, Mar 23, 2019

Visi Misi & Tujuan

A.  Visi FUAD IAIN Tulungagung

Visi yang diusung oleh FUAD IAIN Tulungagung, adalah sebagai berikut:

”Menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu keushuluddinan, adab dan dakwah dengan program studi dibawah fakultas memiliki distingsi dan excelences pada tahun 2022.”

 

B.Misi FUAD IAIN Tulungagung

Misi yang diemban FUAD IAIN Tulungagung, adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pengajaran dan pendidikan dalam bidang ilmu-ilmu keislaman yang berorientas ipada penguasaan dan pengembangan wawasan ilmu keushuluddinan, adab dan dakwah dalam merespon berbagai   perubahan   sosial   keagamaan   di   masyarakat   sehingga tercapai keunggulan pada tahun 2022.

2. Menyelenggarakan   penelitian   dalam   ilmu-ilmu   keislaman   bidang ushuluddin, adab dan dakwah berbasis nilai-nilai profetis dan humanis berikut pengembangannya dalam merespon perubahan sosial  di masyarakat sehingga tercapai keunggulan pada tahun 2022.

3. Menyelenggarakan  pengabdian   masyarakat   yang  relevan  dengan perubahan sertaperkembangan sosial dan keagamaan di era modern sehingga tercapai keunggulan pada tahun 2022.

4. Mengadakan kerjasama dengan berbaga ilembaga untuk menciptakan keunggulan dalam kajian ilmu-ilmu ushuluddin, adab dan dakwah pada tahun 2022.

C.Tujuan dan Sasaran

1.  Tujuan FUAD IAIN Tulungagaung

a.  Terselenggaranya pengajaran dan pendidikan dalam bidangilmu-ilmu keislaman yang berorientasi pada penguasaan dan pengembangan wawasan  ilmu  keushuluddinan,  adab  dan  dakwah  dalam  merespon berbagai   perubahan   sosial   keagamaan   di   masyarakat   sehingga tercapai keunggulan pada tahun 2022.

b.  Menyelenggarakan       penelitian       dalam       ilmu-ilmu       keislaman bidang  ushuluddin, adab dan dakwah berbasisnilai-nilai profetis dan humanis berikut pengembangannya dalam merespon perubahan sosial di masyarakat sehingga tercapai keunggulan pada tahun 2022.

c. Menyelenggarakanpengabdianmasyarakatyangrelevandengan perubahan sertaperkembangan sosial dan keagamaandi era modern sehingga tercapai keunggulan pada tahun 2022.

d. Mengadakan  kerjasama  dengan  berbagai  lini  lembaga  untuk menciptakankeunggulandalam kajianilmu-ilmuushuluddin,adabdan dakwah pada tahun 2022.

2.  SasaranFUADIAIN Tulungagung

Sasaran FUADIAIN Tulungagung adalah sebagai berikut:

1.Tata Kelola

Tata kelola terdiri dari pemenuhan kaidah tata pamong, struktur organisasi dan   organ   FUAD,   kode   etik   dan   lembaga   penyangga   kode   etik. Karakteristik kepemimpinan diperlukan dalam tatakelola Fakultas Ushuluddin,Adab dan Dakwah (FUAD)IAIN Tulungagung.

2.Bidang Pendidikan dan Pengajaran

Pada tahun 2022tingkatkehadirandosendanmahasiswa95%,Target mahasiswalulus4 tahundirencanakan80% denganIndeksPrestasi Kumulatifrata-rata3,50danIndeksKepuasan  Mahasiswa dandosen rata- rata baik(85%),selain itu setiaptahunterjadipeningkatan prestasi mahasiswabidangakademikyangmeliputiPemateridalam Forum Internasional  (10%),  makalah  yang  terindek  dalamJurnal  Nasional  dan terakreditasi(10%),prestasi dibidangnon akademikyangmeliputimenjadi petugasdanpengurusorganisasiprofesidankeahlian  (15%),danseni (10%).

3.Bidang Penelitian

Dalam kurun waktu 4 (empat) tahun kedepan terjadi peningkatan pelaksanakan kegiatan penelitian dosen menghasilkan 240 judul laporan penelitian, peningkatan jumlah karya ilmiah yang terpublikasi dengan tema Ilmu Alqur’an dan Tafsir menghasilkan 24 artikel, Aqidah dan Filsafat Islam menghasilkan 30 artikel, Tasawuf dan Psikoterapi menghasilkan 12 artikel, Bahasa dan Sastra Arab 12 artikel, Komunikasi dan Penyiaran Islam menghasilkan 12 artikel, Bimbingan dan Konseling Islam menghasilkan 12 artikel, Sejarah Peradaban Islam menghasilkan 12 artikel, Psikologi Islam menghasilkan20 artikel, Sosiologi Agama menghasilkan 8 artikel, Manajemen Dakwah menghasilkan16 artikel, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam menghasilkan 10 artikel, serta Ilmu Hadismenghasilkan 12 artikel.

4.Bidang Pengabdian kepada Masyarakat:

Dalam kurunwaktu 4 (empat) tahun kedepan terjadi peningkatan pelaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk program Ilmu Alqur’an dan Tafsir menghasilkan 20 laporan, Aqidah dan Filsafat Islam menghasilkan 12 laporan, Tasawuf dan Psikoterapi menghasilkan 12 laporan, Bahasa dan Sastra Arab 12 laporan, Komunikasi dan Penyiaran Islam menghasilkan 12 laporan, Bimbingan dan Konseling Islam menghasilkan 12 laporan,   Sejarah Peradaban Islam menghasilkan 12 laporan, Psikologi Islam menghasilkan 12 laporan, Sosiologi Agama menghasilkan 12 laporan, Manajemen Dakwah menghasilkan 12 laporan, Ilmu Perpustakaan dan Informasi  Islam  menghasilkan 12 laporan, serta Ilmu Hadis menghasilkan 12 laporan pengabdian kepada masyarakat.

5.Bidang Kerjasama dengan Pihak Lain

Pada tahun 2022 terselenggara minimal 15 bentuk kerjasama dengan pihak lain khususnya dalam bidang Pengembangan Keilmuan/Riset sebanyak 5 lembaga, Pengembangan Lembaga sebanyak10 lembaga

6.Bidang Alumni Dan Mahasiswa

FUAD IAIN Tulungagung dalam satu tahun akademik menerima mahasiswa baru pada semesterganjil (tahun akademik baru) melalui proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa FUAD, setiap calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan administratif sebagai berikut:

1.  Persyaratan Akademik

a.  Memiliki ijazahSMA/MA/sederajat semua jurusan.

b.  Indeks nilai minimal lulus.

c.  Lulus ujian masuk dengan mataujian bahasaArab, bahasaInggris, dan TesPotensi Akademik(TPA).

d.  Semua   mahasiswa   yang   tidak   sebidang   diwajibkan   mengikuti program matrikulasi (equivalen-tambahan).

2.  PersyaratanAdministratif

a.  Mengisi formulirpendaftaranyang telah disediakan.

b.  Menyerahkan  photocopy  ijazah  beserta  transkrip  nilai  yang  telah dilegalisir sebanyak dua lembar.

c.  Menyerahkan suratketerangan berkelakuan baik. d.  Menyerahkan surat keterangan sehat.

e.  Membayar  uang  pendaftaran  sebesar  Rp  100.000,-  (seratus  ribu rupiah).

2.  Tes Masuk

Tesmasuk merupakan salah satu proses dalam PMB. Tes masuk dilakukan untuk menyeleksi calon mahasiswa karena daya tampung yang  terbatas  (30 mahasiswa/kelas).  Materi  tes  ujian  masuk  meliputi Bahasa lnggris, Bahasa Arab, TesPotensi Akademik(TPA), dan Proposal Tesis. Mahasiswa baru ditentukan berdasarkan ranking hasil tes dengan mempertimbangkan jumlah mahasiswa yang akan diterima.

3.  Herregistrasi dan Orientasi Studi Mahasiswa

Peserta  ujian  dalam PMB  yang  dinyatakan  lulus  harus  melakukan daftar ulang disekretariat FUAD IAIN Tulungagung, Jl.Mayor Sujadi Timur 46 Tulungagung.

Setelah melakukan herregristrasi, mahasiswa baru harus mengikuti orientasi  studi  yang  diselenggarakan  oleh  FUAD  IAIN  Tulungagung. Adapun persyaratan heregistrasi adalah:

1.  Mengisi formulir heregistrasi.

2.  Melunasi administrasi keuangan.

3.  Menyerahkan pasfoto (sebagaimana dalam pengumuman persyaratan heregistrasi).

Kegiatan  mahasiswa  dan  kemahasiswaan  meliputi  layanan  mahasiswa,  upaya peningkatan prestasi, layanan bimbingan karir instrumen dan hasil pengukuran kepuasan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Indikator alumni dilihat dari rasio kelulusan tepat waktu, completion rate, indek prestasi komulatif(IPK), sistem tabaluasi lulusan, melakukan survey dan partisipasi alumni, mengembangkan juga wirausaha alumni, budaya wirausaha di kalangan alumni dan alumni sebagai pencipta lapangan kerja.

1.Keuangan

Bidang keuangan berdasarkan pada pedomandan pengelolaan dana yang terkait  dengan  sistem  pencatatan  biaya,  sistem  analisis  satuan  biaya, sistem evaluasi,  pedoman  dan  mekanisme  penetapan  biaya  pendidikan berdasarkan mekanisme penetapan biaya operasional, satuan biaya operasional,   serta   SPP   mahasiswa.   Biaya   pendidikan   terdiri   dari perhitungan biaya kuiah tunggal dan uang kuliah tunggal (UKT). Sumber pendanaan pendidikan  bersumber  dari  mahasiswa  dan  non-mahasiswa yangmeliputi hibah dan kerjasamaFUAD.Pembiayaan pendidikan meliputi biaya operasional tridharma perguruan tinggi. Untuk kegiatan bidang keuangan dilakukan mekanisme audit.

2.Sarana dan Prasarana

Sarana  dan  prasarana  yang  menginduk  pada  institut  meliputi: perpustakaan, fasilitas IT. Kebijakan pada pengadaan beberapa ruang kuliah ,laboratorium, ruang dosen, ruangfrontoffice, ruang pusatstudi, dan ruang konsultasi beserta kelengkapannya yang berbasisIT