Rabu, Apr 26, 2017

Sejarah

Secara formal Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah berdiri sejak tahun 1999 dengan nama asal Jurusan Ushuluddin. Pendirian Jurusan Ushuluddin ini seiring dengan perubahan status Sekolah Tinggi Agama Islam Tulungagung dari semula adalah Fakultas Tarbaiyah di Tulungagung sebagai bagian dari Fakultas cabang IAIN Sunan Ampel. Perubahan ini adalah bentuk upaya pemerintah untuk mengembangkan lembaga pendidikan tinggi Islam, khususnya yang berstatus Fakultas daerah (cabang), berdasarkan terbitnya Surat Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 11 Tahun 1997 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri dan Keputusan Menteri Agama RI No. 315 Tahun 1997 tentang Organisasi dan Tata Kerja STAIN Tulungagung, Keputusan Menteri Agama RI. No. 348 Tahun 1997 tentang Statuta STAIN Tulungagung, Keputusan Dirjen Binbaga Islam Nomor: E/136/1997 tentang alih status dari Fakultas daerah menjadi STAIN dan Persetujuan Menteri Negara Pendayagu-naan Aparatur Negara (PAN) No.8.589/I/1997 tentang pendirian STAIN, yang telah merubah status semua fakultas cabang yang berada di bawah IAIN di seluruh Indonesia menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah pada awal berdiri memiliki satu program studi yaitu Tafsir Hadits. Seiring dengan adanya tuntutan masyarakat dan perubahan lingkungan, maka sejak tahun 2010 Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah membuka 2 jurusan, yaitu Jurusan Filsafat Agama dan Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi. Pembukaan 2 jurusan baru ini didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. Dj.I/614/2009 tentang Izin Pembukaan Program Studi Strata Satu (S.1) pada Perguruan Tinggi Agama Islam Tahun 2009.

Selain memiliki 3 jurusan tersebut, mulai Tahun Akademik 2015/2016, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah membuka 3 program studi baru yaitu Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Pembukaan program studi baru ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 1270 Tahun 2015 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Tahun 2015, yang ditandatangani pada tanggal 2 Maret 2015.

Sejak berdirinya Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah telah dikelola 6 (enam) periode kepengurusan sebagaimana tersebut secara kronologis dalam tabel berikut ini:

 

No

Tahun/Periode

Jabatan

Nama

1

1999

Ketua Jurusan

Drs. H. Muhadi Latief, M.Ag.

 

 

Sekretaris Jurusan

Drs. Nur Efendi

2

2001

Ketua Jurusan

Prof. Dr. Mujamil, M.Ag.

 

 

Sekretaris Jurusan

Drs. Nur Efendi

3

2002 – 2006

Ketua Jurusan

Dr. Imam Malik, M.Ag.

 

 

Sekretaris Jurusan

H. Abd. Ghofur Noer, S.Ag., M.M.

4

2006 – 2010

Ketua Jurusan

Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag.

 

 

Sekretaris Jurusan

A. Zainal Abidin, M.A.

 

 

Kepala Lab.

Dr. Teguh, M.Ag.

5

2010 – 2014

Ketua Jurusan

Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag.

 

 

Sekretaris Jurusan

A. Zainal Abidin, M.A.

 

 

Kaprodi TH

Salamah Noorhidayati, M.Ag

 

 

Kaprodi AF

Uswah Wardiana, S.Psi., M.Si.

 

 

Kaprodi TP

Moh Jazeri, S.Ag., M.Pd.

 

 

Kepala Lab.

M. Muntahibun Nafis, M.Ag.

6

2014 – 2018

Dekan

Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag.

 

 

Wakil Dekan I

Dr. A. Zainal Abidin, M.A.

 

 

Wakil Dekan II

Uswah Wardiana, S.Psi., M.Si.

 

 

Wakil Dekan III

Dr. Teguh, M.Ag.

 

 

Kajur IAT

Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag.

 

 

Kajur FA

Dr. A. Rizqon Khamami, Lc., M.Ag.

 

 

Kajur TP

Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd.

 

 

Kajur BSA

 -

 

 

Kajur KPI

 -

 

 

Kajur BKI

 -

 

 

Kepala Lab.

Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd.

 

 

Kabag. TU (Pjs.)

Drs. Basuki Rahmad, M.M.

 

 

Kasubbag AKA

Drs. Miftahul Huda

 

 

Kasubbag AUK

Indah Kusnul Masruroh, M.Ag.