Sabtu, Jan 25, 2020

Seminar Dan Pelatihan Software SLiMS (Senayan Library Management System) Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Rabu, 20 November 2019, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung mengadakan seminar dan pelatihan software SLiMS (Senayan Library Management System). Seminar dan pelatihan kali ini mendatangkan narasumber dari salah satu komunitas SLiMS Kediri yaitu Muhammad Hamim, S.Kom., M.Pd.I. Pelatihan kali ini diikuti oleh mahasiswa semester V (Lima) dan III (Tiga). Tujuan diadakan pelatihan kali ini diharapkan mahasiswa dapat mengoperasikan otomasi perpustakaan, salah satunya menggunakan software SLiMS (Senayan Library Management System) versi Akasia.8.3.1 yang terbaru, sekaligus mempersiapkan bekal mahasiswa semester V (Lima) yang akan melaksanakan KKN dan PPL di perpustakaan. Pemateri menjelaskan kepada mahasiswa bahwa SLiMS merupakan salah satu Open Source Software (OSS) yang berbasis web.

Senayan Library Management System (SLiMS) merupakan perangkat lunak yang termasuk program Open Source sebagai katalogisasi buku digital yang menjadi framework teknologi informasi (TI) untuk memenuhi kebutuhan manajemen perpustakaan, baik itu skala kecil maupun besar. Fitur yang ada di aplikasi SLiMS ini cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan hingga saat ini. Kita perlu bersyukur dengan adanya aplikasi ini, karena dapat menjadi solusi perpustakaan yang mengarah pada perpustakaan digital. Senayan pertama kali digunakan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengembangan ini dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Pendiri pertama SLiMS adalah Hendro Wicaksono dan Arie Nugroho, dan banyak  lagi. SLiMS mulai dikembangkan pada bulan November 2006 dan dirilis ke publik pada Desember 2007.

Muhammad Hamim, S.Kom., M.Pd.I dalam pelatihan Slir MS memaparkan sekilas tentang perbedaan WebServer, Apache dan Mysql. Ketiga nama ini sangat penting sekali, sehingga sebelum mengoperasikan SLiMS, maka perlu mengetahui kegunaan ketiga nama tersebut. Setelah diterangkan terkait tiga nama tadi, Hamim juga memberikan pengetahuan tentang beberapa fitur yang ada di senayan yaitu tentang pengelolaan data bibliography, pengelolaan data anggota, manajemen sirkulasi (peminjaman, pengembalian, perpanjangan), laporan kegiatan perpustakaan, Online Public Access Catalogue (windows/linux), manajemen backup data, dll. Peserta sangat antusias sekali mengikuti pelatihan ini, terbukti banyak mahasiswa yang ingin tahu dan banyak tanya terkait SLiMS ini.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang luas terkait otomasi yang ada di perpustakaan. Sehingga nantinya dapat di aplikasikan di lapangan baik itu praktek maupun dunia kerja.