Sabtu, Jan 25, 2020

Mentradisikan Historiografi Melalui Coaching Klinik

Senin/ 4 November 2019, sesuai dengan amanat misi jurusan SPI yaitu menjadikan lulusan sebagai peneliti, sejarawan, dan budayawan, maka mendorong jurusan untuk lebih mengasah konsep dan pemahaman historiografi mahasiswa. Menurut Moch. Faizun (selaku Kajur SPI) hal ini dianggap penting karena umumnya mahasiswa SPI masih dangkal dalam pemahaman dan konsep historiografi. Pendapat kajur juga di-amini oleh mayoritas mahasiswa, bahwa minim sekali produk tulisan mahasiswa, terlebih di dalam jurnal nasional.

Fenomena ini muncul karena kebingungan mahasiswa terkait bagaimana memulai sebuah historiografi. Menjawab core issue jurusan terkait kurang pahamnya historiografi, maka terwujudlah WoG antara SPI IAIN Tulungagung dengan MSI Jatim yang diwakili oleh Dr. Wisnu, M.Hum. (UNESA) untuk mengadakan kegiatan coaching klinik historiografi bagi mahasiswa SPI. 

 

Kegiatan ini meliputi pemahaman konsep historiografi, bagaimana menjejak sumber sejarah, hingga bagaimana submit artikel ke-jurnal bereputasi. Narasumber mengharapkan dengan selesainya kegiatan ini mahasiswa mampu membuat historiografi dan akan menjadi jurusan binaan di bawah Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI). Acara di akhiri dengan diskusi antara civitas akademika jurusan SPI dengan narasumber terkait langkah selanjutnya untuk meningkatka kualitas historiografi mahasiswa. –(kndr11)-