Kamis, Dec 05, 2019

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Psikologi Islam di Dusun Jeruk, Wonorejo, Kabupaten Tulungagung

Tulungagung, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi Islam mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan rutin  yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pengabdian sendiri ditujukan untuk seluruh mahasiswa psikologi islam semester 3 dan 5. Hal tersebut dikarenakan, untuk semester 3 dan 5 telah mendapatkan materi mengenai psikologi yang cukup, sementara untuk semester 1 baru mendapat materi dasar mengenai psikologi.

Penanggung jawab diadakan kegiatan tersebut yaitu dari devisi pengembangan masyarakat atau DPM. DPM sendiri bertanggung jawab atas segala kegiatan yang melibatkan pengembangan SDM dalam jurusan Psikologi Islam. Tujuan diadakan kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan rasa peduli mahasiswa terhadap masyarakat. Tak hanya itu mahasiswa juga dituntut dapat berbaur dengan masyarakat sekitar, karena sudah tidak dapat dipungkiri bahwa setiap mahasisw akan berbaur dengan masyarakat nantinya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Dusun Jeruk, salah satu dusun di desa Wonorejo, Tulungagung mulai tanggal 17 September 2019 hingga 19 September 2019. Selama pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mahasiswa Psikologi Islam melakukan beberapa agenda. Mahasiswa membaur dengan masyarakat dan banyak belajar untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membiasakan diri dengan aktivitas warga. Salah satunya adalah dengan mengajar mengaji anak-anak warga, membantu warga, dan kegiatan lainnya. Selain itu kegiatan ini juga mengasah perilaku bersosial yang bukan sebatas teori tapi melatih untuk mempertajam rasa peduli dan empati dan memperluas wawasan dan koneksi.