Kamis, Dec 05, 2019

Workhsop Karakter Islami: Menyiapkan Lulusan Prodi Psikologi Islam yang Berintegritas

Tulungagung. Lulus dari perguruan tinggi tidak hanya menuntut mahasiswa menguasai materi-materi selama perkuliahan berlangsung, namun memiliki softskill dan juga karakter tertentu adalah sebuah distingsi yang menjadi ciri khas tersendiri. Lulusan perguruan tinggi yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang studi yang diambil merupakan hal yang sudah lumrah. Berbeda jika lulusan perguruan tinggi dibekali dengan kemampuan non akademis lainnya. Hal ini akan menjadi nilai tawar yang berbeda ketika mereka memasuki dunia kerja atau berkumpul dengan masyarakat. Menjadi tugas perguruan tinggi untuk membekali para lulusannya dengan keahlian-keahlian tertentu, juga dengan ciri khas tertentu. 
 
Program Studi Psikologi Islam menyiapkan para lulusannya dengan mengadakan Workshop Karakter Islami agar benar-benar memiliki karakter atau akhlak Islam yang baik dan benar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 10 September 2019. Adapun pemateri berasal dari tim Psycho Care, Malang. 
Tim dipimpin oleh Muh. Masykur Ag, S.Psi, M.Pd, Ahmad Hidajatullah, MM dan Prof. Wahyudi Siswanto. Acara dibuka langsung oleh Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag, selaku Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 37 peserta terdiri dari mahasiswa semester 1, 3, dan 5 yang dipilih berdasarkan masukan dari para dosen pengampu di jurusan Psikologi Islam. Workshop Karakter Islami ini dibagi dalam tiga sesi. Materi pertama tentang interpersonal skill diberikan oleh Prof. Wahyudi Siswanto, dilanjutkan oleh Ahmad Hidajatullah yang memberikan materi terkait dengan menghadapi dunia kerja. Terakhir, materi terkait karakter-karakter islami yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi disampaikan oleh Muh. Masykur Ag.
 
Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB mendapat respon positif dari para peserta. Ijun misalnya, mahasiswa semester I ini merasakan manfaat yang didapatkan selama mengikuti kegiatan. Demikian juga dengan Riko, mahasiswa semester 5 ini berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan aktualisasi diri hasil workshop tersebut. Kedepannya, jurusan Psikologi Islam akan mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang mampu menunjang soft skill para calon lulusan agar mampu bersaing dalam dunia kerja dengan memiliki ciri khas tersendiri.