Rabu, Nov 20, 2019

Makrab Sejarah Peradaban Islam dan Pembuktian Mahasiswa Abdi Masyarakat

Makrab (Malam Keakraban) merupakan agenda rutin satu tahunan yang dilaksanakan untuk pengenalan mahasiswa baru (maba) kepada mahasiswa senior. Hampir semua jurusan di IAIN Tulungagung melaksanakan makrab untuk menjalin silaturahmi dan keakraban mahasiswa sesuai jurusan masing-masing. Seperti halnya jurusan lain, Makrab yang di lakukan oleh HMJ Sejarah Peradaban Islam dilaksanakan pada tanggal 23-25 Agustus 2019. Acara ini bertempat di dua lokasi, tepatnya pada hari pertama (jumat pagi) berlokasi di kampus tepatnya Aula UKM lantai 3. Sedangkan jumat siang menjelang sore sampai hari ketiga bertempat di Pantai Sine.
 
Pada hari pertama, acara di buka oleh Panji Setya Nugroho selaku Ketua Pelaksana kemudian di isi dengan materi pengenalan jurusan dan pengenalan dosen-dosen yang mengajar di Jurusan SPI. 
Bapak Mohammad Faizun, S.S., M.Pd.I selaku Ketua Jurusan SPI menyambut hangat acara Makrab yang di selenggarakan oleh HMJ SPI. Meskipun acara Makrab Jurusan ini hanya diikuti oleh 32 Mahasiswa baru SPI dari jumlah keseluruhan 86 mahasiswa baru.
 
Kemudian Pukul 14.00 Jumat 23 Agustus 2019 kami melakukan perjalanan ke Pantai Sine menggunakan 2 buah Truk. Sedangkan hanya beberapa yang mengendarai motor. Perjalanan di tempuh kira-kira 1 jam. Setelah sampai di Pantai Sine  rombongan beristirahat. 
 
Pada hari Jumat, pukul 19.00 bertempat didalam aula diisi materi Antropologi Kampus yang di sampaikan oleh Muna Raidhatul Hanifah selaku Ketua HMJ SPI, kemudian di lanjutkan dengan Materi Sejarah yang di sampaikan oleh David Setya Pambudi selaku CO dari divisi MSDM HMJ SPI. Pada saat materi kesejarahan para maba sangat senang dan diskusi pun berjalan dengan sedemikian rupa hingga tepat pukul 22.00 diskusi selesai dan istirahat.  
 
Pada hari Sabtu, Pukul 07.00 Pagi di lanjutkan dengan Senam Pagi. Kemudian pukul 08.00 acara Game yang di isi oleh Panitia Sie Acara. Pukul 14.00 di lanjutkan dengan diskusi yang di isi oleh Muhammad Fikri Haikal selaku Co Divisi Reforkasi. Diskusi kali ini di isi dengan materi Pengantar Ilmu Sejarah. Inti dari diskusi tersebut membahas tentang Perbedaan mengenai, Sejarah, Legenda dan Mitos. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi Sejarah sebagai Ilmu, Sejarah Sebagai Peristiwa dan Sejarah sebagai cerita.
 
Selanjutnya, pada Malam Minggu di isi dengan pensi dan api unggun. Mahasiswa Baru terbagi atas tiga kelompok. Kelompok pada penampilan pertama menampilkan puisi dan joget holic, kelompok selanjutnya menampilkan joget holic, dan kelompok terakhir menampilkan drama yang bertemakan soekarno dan kemerdekaan Indonesia.Pada saat pensi berlangsung gerimis tiba disertai dengan lampu padam, akhirnya lokasi pensi yang semula berada di samping aula di pindahkan ke dalam aula.
 
Pada hari Minggu tepat tanggal 25 Agustus 2019, tepat jam 07.00 pagi dilanjutkan dengan senam pagi. Nah yang unik disini setelah senam selesai para panitia dan juga peserta makrab ikut andil masyarakat pesisir pantai menangkap ikan dengan cara menjaring ikan.
 
Jadi mahasiswa Jurusan SPI ikut andil dan merasakan jerih payahnya nelayan dan masyarakat pesisir pantai selatan dalam mencari sekeping rupiah. Betapa susahnya mereka mencari uang. Dengan di dendangkan lagu Darah Juang dan Buruh Tani dari sound pinggir Aula, menambahkan semangat kami dalam membantu masyarakat.
 
Jadi mahasiswa yang hanya terpaku pada ruang kuliah duduk didalam ruangan dengan sepoi-sepoi kipas angin disertai fasilitas yang memadai akhirnya juga ikut terjun langsung membantu masyarakat. Dengan hal itu maka mahasiswa juga tahu betapa beratnya perjuangan nelayan dengan merasakan secara langsung. Jadi hal itulah yang membedakan antara Makrab SPI tahun sebelumnya dengan tahun sekarang.
 
Setelah itu, tepat pukul 10.00 acara di tutup oleh Panji Setya Nugroho dan penyerahan hadiah. Kemudian dilanjutkan dengan Foto bersama antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Pukul 10.30 kami berkemas-kemas dan bersiap diri untuk pulang.