Sabtu, Jan 25, 2020

Membangun Jejaring Kerjasama Keilmuan dan Lembaga Jurusan SPI IAIN Tulungagung dan Jurusan SPI IAIN Surakarta

Jum’at, 03 Mei 2019, Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Tulungagung mengadakan kegiatan rutinan akselerasi keilmuan. Kegiatan ini berlangsung di Pusat Studi Timur Tengah (PSTT) yang bertujuan sebagai penguatan keilmuan mahasiswa. Kajur SPI, Mochammad Faizun, M. Pd.I., mengatakan bahwa kegiatan ini sudah dirancang sejak lama. Kegiatan ini sebagai aktualisasi dari skema penguatan jurusan SPI, yang nantinya diharapkan akan mencetak mahasiswa unggul dalam penelitian.

Kegiatan di awali dengan pembukaan oleh panitia dan dilanjutkan sambutan kajur. Pemantik diskusi adalah Latif Kusairi, M.A., dari IAIN Surakarta. Pemantik mengambil materi terkait kekerasan di Banyuwangi masa reformasi antara naga hijau dan merah. Materi yang disampaikan sekaligus memperkuat ragam penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan isu-isu kekerasan agama khususnya lingkup Jawa.

Acara terakhir dilanjutkan dengan penanda tanganan kerjasama antar kedua jurusan sebagai komitmen membangun jejaring keilmuan dan kelembagaan. Harapan ke depan dengan adanya kerja sama kedua lembaga ini nantinya akan bisa saling membantu terkait akreditasi jurusan, pengembangan keilmuan, dan pengabdian mahasiswa.