Selasa, Oct 22, 2019

KUNJUNGAN DAN STUDI WAWASAN FUD IAIN SURAKARTA

Jum’at, 5 Juli 2019 Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Tulungagung kedatangan saudara dari Kota Solo, yaitu rombongan dosen dan pegawai Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta. Sebanyak kurang lebih 35 orang yang datang dengan penuh antusiasme untuk bersilaturahmi dengan dosen dan pegawai FUAD.  Kedatangan tamu dari IAIN Surakarta ini disambut hangat oleh seluruh pejabat, dosen, dan karyawan FUAD.

Kedatangan rombongan ini tidak lain untuk studi banding tentang pengelolaan dan pengembangan fakultas. Namun, dalam sambutannya Wakil Rektor III, Bapak Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag., sekaligus mantan dekan Fuad menyatakan kurang setuju dengan sebutan studi banding. Manurut beliau sebagai sesama lembaga PTKIN tidak sepatutnya untuk dibanding-banding. Beliau menambahkan bahwa saat ini trend yang ada bukan lagi kompetisi namun lebih pada kolaborasi. Salah satu contoh kongkritnya adalah kerja sama yang dilakukan antara mahasiswa AFI IAIN Tulungagung dan AFI IAIN Surakarta dalam berbagai bidang penelitian dibawah naungan IJIR (Institute for Javanese Islam Research). Selain itu komitmen utama ketika mendirikan fakultas ini adalah “FUAD menjadi besar”. Menurut beliau dua kunci utama saat ini dalam membesarkan fuad adalah pusat studi dan kemampuan literasi dari dosen maupun mahasiswa.

Setelah pemberian sambutan dari petinggi fakultas kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa dosen FUD dari IAIN Surakarta mengajukan pertanyaan pada dosen dan pengelola FUAD IAIN Tulungagung. Pertanyaan yang disampaikan langsung di jawab oleh Bapak Dr. Ahmad Rizqon Khamami, Lc., M.A. selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Tulungagung. Beliau menyampaikan bahwa kunci dari kemajuan fakultas ini adalah adanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Selain itu, Bapak Dekan juga menyampaikan bahwa Bapak Abad berpesan prinsip yang dipegang di FUAD adalah Kerukunan dan Kekeluargaan yang menjadi kunci terbangunnya sebuah lembaga.

Acara silaturahmi ini ditutup dengan pertukaran cindera mata yang langsung dilakukan oleh Dekan FUAD IAN Tulungagung dan Dekan FUD IAIN Surakarta. Selanjutnya dosen dan pegawai dari FUD IAIN Surakarta mengunjungi ruang jurusan, ruang dekanat, dan ruang pengelola fakultas untuk langsung bertanya jawab. Meskipun hanya dalam waktu yang singkat namun kesan hangat sangat terasa dalam forum tersebut. Hal terpenting yang dapat dipetik dari acara ini seperti yang disampaikan oleh Dekan FUD IAIN Surakarta Bapak Dr. Imam Mujahid, S.Ag., M.Pd., “Silaturahmi ini untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi”.