Minggu, Jun 24, 2018

Silaturahmi dan Studi Banding P3M IAIT Kediri

Institute for Javanese Islam Research (IJIR) menerima kunjungan silaturahmi dan studi banding dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Institut Agama Islam Tribakti (IAIT), Lirboyo, Kediri, Jumat, 06 April 2018.

Studi banding tersebut diwarnai diskusi yang panjang terkait dengan rencana pendirian lembaga riset pesantren dan manuskrip yang akan segera didirikan oleh P3M Tribakti. Kampus berbasis pesantren di jantung kota Kediri tersebut memiliki sumber daya yang melimpah untuk mendirikan pusat studi yang konsen pada isu pesantren dan kitab kubing.

IJIR mendapat kehormatan besar karena dipilih sebagai lembaga model yang dirujuk dalam rangka pendirian pusat studi di IAIT Kediri. Hadir dalam kegiatan studi tersebut, Edi Nurhidin, M.Ag, Sekretaris P3M bersama dengan tiga orang dosen muda IAIT Kediri. Dr. A. Rizqon Khamami, Dekan FUAD, juga terlibat dalam diskusi.

Direktur IJIR, Akhol Firdaus, berbagi pengalaman dan memberikan saran-saran terkait langkah awal pendirian pusat kajian. “Mendirikan pusat kajian harus digerakan oleh imajinasi yang besar,” begitu pesannya di sela-sela obrolan.

Ke depan, lembaga yang akan fokus pada kajian pesantren dan manuskrip tersebut, akan terus menjadi partner strategis IJIR dalam menjadikan wilayah Mataraman, Kediri dan Tulungagung, sebagai laboratorium hidup yang akan menyedot perhatian para peneliti di kedua lembaga. []