Jumat, Nov 24, 2017

Rektor IAIN Tulungagung Lantik Pejabat Akademik dan Struktural di Lingkungan FUAD

Tulungagung -- Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., melantik pejabat akademik dan struktural di lingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) pada hari Senin (4/9). Seremonial pelantikan dilaksanakan di Gedung Aula Utama IAIN Tulungagung bersamaan dengan peringatan Hari Raya Iduladha 1438 H.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., berharap agar para pejabat yang baru saja dilantik menjalankan tugasnya sebaik-baiknya dengan penuh amanah dan integritas. Adapun Dekan FUAD, Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag., menyebutkan tugas pertama ketua dan sekretaris  yang menjabat di beberapa jurusan baru agar merumuskan ekselensi dan distingsi jurusan agar dapat menentukan skill dan kompetensi khusus pada masing-masing jurusan sehingga dapat bersaing dan menjadi jurusan favorit tidak hanya di lingkungan IAIN Tulungagung, tetapi juga di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam se-Indonesia.

Pejabat akademik yang dilantik adalah:

1.       Arman Marwing, M.A. sebagai Ketua Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi

2.       M. Khoirul Malik, Lc., M.A. sebagai Ketua Jurusan Sejarah Peradaban Islam

3.       Khalimatus Sa’diyah, M.Si. sebagai Ketua Jurusan Psikologi Islam

4.       Mulya Ardi, M.Fil.I. sebagai Ketua Jurusan Sosiologi Agama

5.       M. Ainun Najib, M.Fil.I. sebagai Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

6.       Latif Amrullah, M.A. sebagai Ketua Jurusan Manajemen Dakwah

7.       Ahmad Muhdhor, Lc., M.Pd.I. sebagai Ketua Jurusan Ilmu Hadis

8.       Hibbi Farihin, M.S.I. sebagai Sekretaris Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

9.       Luthfi Ulfa Ni’amah, M.Kom.I. sebagai Sekretaris Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

10.   M. Mahfud Ridwan, M.Pd.I. sebagai Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

11.   Darisy Syafa’ah, M.Pd.I. sebagai Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Sementara pejabat struktural yang dilantik adalah Nurul Amin, M.Ag. sebagai Kepala Bagian Tata Usaha. Bertindak sebagai saksi Kepala Biro AUAK IAIN Tulungagung, Dr. Hj. Binti Ma’unah, M.Pd.I., dan Kepala Bagian Umum Biro AUAK, Isno, M.M. Pelantikan ini dihadiri jajaran pejabat akademik dan struktural serta dosen dan karyawan di lingkungan IAIN Tulungagung.

Sebagian besar pejabat yang dilantik adalah pejabat yang bertugas untuk mengisi enam jurusan yang baru saja dibuka oleh Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Tulungagung. Enam jurusan baru tersebut adalah Sejarah Peradaban Islam, Psikologi Islam, Sosiologi Agama, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Manajemen Dakwah, dan Ilmu Hadis. Adapun sebagain dari pejabat yang lain dilantik untuk mengisi tugas-tugas sekretaris jurusan pada jurusan-jurusan lama yang beberapa waktu mengalami kekosongan.

Keenam jurusan tersebut merupakan program studi yang baru diselenggarakan mulai Tahun Akademik 2017/2018. Sebelumnya, FUAD IAIN Tulungagung telah menyelenggarakan 6 jurusan, yakni Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Tasawuf dan Psikoterapi, Aqidah dan Filsafat Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bahasa dan Sastra Arab, serta Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Diharapkan dengan pelantikan ini maka kegiatan-kegiatan akademik dan administratif di tingkat jurusan akan berjalan lancar.[*]