Jumat, Nov 24, 2017

Visitasi Akreditasi Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI)

Untuk kedua kalinya di bulan Agustus ini, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Tulungagung menerima tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Setelah sebelumnya melakukan visitasi akreditasi para Prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP), kali ini tim asesor akan melakukan asesmen lapangan pada Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI). Tim tersebut terdiri dari Prof. Drs. YusnySaby, B.A., M.A., Ph.D. dari UIN Ar-Raniry Aceh dan Prof. Dr. Mukhtasar Syamsudin dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag., menyampaikan ucapat selamat datang kepada tim asesor. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga tersebut menyatakan akreditasi merupakan salah satu kewajiban institusi khususnya program studi yang pelaksanaannya dilakukan secara berkala. “Kami mengharapkan masukan-masukan yang konstruktif bagi pengembangan pengelolaan akademik di kampus IAIN Tulungagung,” harapnya dalam sambutan pembukaan acara visitasi akreditasi di Ruang Rapat Kantor FUAD IAIN Tulungagung, Rabu (16/08).

Kedatangan tim asesor juga disambut oleh Kepala Biro AUAK, Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I., asesor BAN-PT di IAIN Tulungagung, Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag., Dekan dan para Wakil Dekan FUAD, serta Ketua dan Sekretaris Jurusan di Lingkungan FUAD IAIN Tulungagung.

Rangkaian acara visitasi dilanjutkan dengan presentasi yang dilakukan oleh Ketua Jurusan AFI, Dr. Akhmad Rizqon Khamami, Lc., M.A. Kajur AFI mempresentasikan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Jurusan AFI dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dicerminkan dalam 7 standar BAN-PT. Selesai presentasi dilanjutan dengan dialog antara asesor degan jajaran dekanat untuk memvalidasi data yang telah dituangkan dalam Buku III Borang Institusi, serta dengan alumni dan stakeholder.

Prof. Dr. Mukhtasar Syamsudin mewakili tim asesor menyatakan bahwa berdasarkan proses validasi data, sesungguhnya standar materiil yang dimiliki Prodi AFI sudah memenuhi standar maksimal. Dosen Filsafat dari Fakultas Filsafat UGM ini juga membagi hasil diskusi dengan stakeholder yang menghasilkan kesimpulan bahwa masyarakat sekitar Tulungagung gembira dengan adanya Jurusan AFI ini, karena pilihan ekselensi Islam Jawa oleh Jurusan AFI yang dekat dengan lokalitas masyarakat di Tulungagung.

Dekan FUAD, Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag., mengharapkan dalam pelaksanaan visitasi ini para asesor tidak hanya melaksanakan asesmen, tapi juga memberikan edukasi tentang pengelolaan program studi yang baik. Beliau juga mengharapkan nilai dan hasil yang terbaik dari reakreditasi ini. Sebelumnya, Jurusan AFI meraih peringkat “B”.[*]